Jumat, 15 Juni 2012

Istiqamah : Kalah Itu Biasa, Menang Itu Bonus

Semakin banyak bermunculan generasi muda berprestasi di kampus Unsyiah. Ini merupakan sedikit gambaran bahwa kita memiliki peluang yang sama dengan mereka yang berada di kota – kota besar sana. Baru – baru ini ia telah bertarung habis – habisan dalam sebuah ajang yang bukan main – main. Istiqamah namanya. Kesehariannya terkesan lincah dan energik, Mahasiswi Teknik Arsitetur angkatan 2009 ini baru saja berhasil meraih juara 3 dalam sebuah kompetisi desain yang dilaksanakan oleh keluarga besar teknik sipil UGM. Kompetisi tersebut bernama Ecohouse Design Competition 3.
Ini adalah kompetisi yang rutin diadakan tiap tahunnya. Alhamdullillah baru kali ini Unsyiah berpartisipasi dan langsung mendapat peringkat 5 besar pada penjurian tahap 1 dan juara 3 pada penilaian tahap akhir (presentasi hasil karya). Perasaan saya tentunya sangat senang karena bisa berjumpa dan bertukar pikiran dengan mahasisiwa arsitektur dan sipil se Indonesia, ungkapnya.
Wah tentu penasaran bukan dengan perjalanan anak muda satu ini? berikut beberapa kutipan wawancara redaksi dengan Istiqamah peraih juara dalam Ecohouse Design Competition 3, yang diselenggarakan di Yogyakarta.

1.             Bagaimana persiapan yang dilakukan untuk kompetisi ini?
Persiapan yang dilakukan untuk itu saya mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi syarat-syaratnya, dan tentunya membaca TOR lomba. kemudian mengerjakan disainnya dengan meminta bimbingan dosen favorit saya pak Masdar Djamaludin, ST. Kemudian membuat tim bersama dua orang teman saya Rahmatunnisak dan Muksalmina. Kami bertiga adalah mahasiswa arsitektur Unsyiah angkatan 2009
2.             Ada Tips khusus?
Menurut saya tidak ada tips khusus selain mengikuti TOR lomba, yang penting semangat untuk mengikuti kompetisi untuk mengukur kemampuan kita di ranah nasional, kalau kalah itu biasa, menang itu adalah bonus.
3.             Anda juga aktivis bukan?Seberapa besar pengaruh organisasi sbg penunjang prestasi anda selama ini?
Menurut saya organisasi itu penting, bahkan sangat penting untuk menunjang prestasi. Karena dengan organisasi akan semakin membuat kita leluasa dalam mengeksplor potensi – potensi yang ada pada diri kita. Minimal dengan berorganisasi saya termotivasi untuk berkarya karena ada dukungan dari teman-teman. Kompetisi yang baru saja saya ikuti juga akibat pengaruh dan dukungan organisasi jurusan saya yaitu laboratorium disain dan model struktur.
4.             Aktif di lembaga apa saja?
Appa ya??? Tidak banyak, saya anak kampus, sukanya cuma belajar aja, cita-cita menjadi kutu buku,, hehe.. kalau dikampus saya bergabung dengan ladoratorium disain, Architecture English Club, Komunitas Menulis Arsitektur, EPOC (Engineering Photography Club) dan LDK FUAT (Forum Ukhuwah Aneuk Teknik)
(wah komplit begini dibilang gak banya)?
5.             Apa target yang ingin anda capai setelah ini?
Saya ingin mencoba terus bekompetisi mengikuti sayembara-sayaembara desain dan arsitektur baik lokal, nasional maupun internasional. Karena cara termudah untuk menjadi arsitek yang dikenal salah satunya adalah dengan mengikuti sayembara. Hampir semua arsitek hebat di Indonesia juga dulunya ketika mahasiswa adalah mahasiswa-mahasiswa yang aktif ikut sayembara.


Setelah melewati penjurian final selama dua hari tanggal 14 dan 15 Mei 2012, Panitia dan Juri Ecohouse Design Competition 3 menetapkan pemenang Ecohouse Design Competition 3 sebagai berikut :

     1. EDC3034
        Coronation
        Open House
        Universitas Indonesia
        Total Point : 720
     2. EDC3009 
         ASEPTIAN AFFIANO 
         THE DOCK HOUSE 
         Universitas Gadjah Mada 
         Total Point : 695
      3. EDC3005 
          Suar Studio 
          Go Go Sampah 
          Universitas Syah Kuala 
          Total Point : 680

Selain itu, berdasarkan voting pengunjung Pameran Hasil Karya Ecohouse Design Competition 3 ditetapkan 2 tim terfavorit :
     1. EDC3008 
         INTERSECTION+ 
         URBAN FARMING HOUSE
         Universitas Diponegoro
     2. EDC3004 
         Esbent Studio
         Eco-Dwelling 
        Universitas Sebelas Maret



0 Responses to “Istiqamah : Kalah Itu Biasa, Menang Itu Bonus”

Posting Komentar

All Rights Reserved UKM Cendekia Unsyiah